Kabar Event


 

Earphone sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada pada beberapa orang, terutama seseorang yang sehari-harinya menggunakan kendaraan umum. Berdesakan di dalam kereta misalnya, akan membuat kamu cepat jenuh jika tidak mendengarkan atau menonton sesuatu.


 
Ternyata, earphone yang kamu gunakan setiap hari dapat ganggu pendengaran. Kamu tidak disarankan terlalu sering menggunakan alat tersebut, terutama jika volume suaranya terbilang kencang. Earphone dapat sebabkan gangguan pendengaran jika digunakan terlalu intens. Berikut pembahasannya!

Earphone Dapat Ganggu Pendengaran

Kemudahan dalam mengakses internet membuat semua orang gampang untuk mencapai keinginannya, terutama ketika ingin mendengarkan musik tertentu atau menonton film kegemarannya. Umumnya, hal tersebut dilakukan saat perjalanan ke kantor karena terdapat waktu luang untuk melakukan satu atau dua hal.

Ternyata, terlalu sering menggunakan earphone dapat menyebabkan gangguan pada pendengaran. Hal yang dapat mengganggu pendengaran tersebut disebabkan volume yang terlalu kencang dan paparannya terlalu lama. Seseorang disarankan menggunakan alat tersebut delapan jam per hari dengan volume tidak lebih dari 60 persen.

Setelah kamu mengetahui apabila earphone dapat sebabkan gangguan pendengaran, beberapa hal dapat kamu lakukan untuk mencegahnya. Hal yang paling pertama dan utama dapat kamu lakukan adalah mengurangi durasi dari penggunaannya atau menurunkan volume suara ketika mendengarkan sesuatu.

Jika seseorang telah terpapar suara yang lebih besar dari 90 dB selama kurang lebih delapan jam per hari, kemungkinan mengalami gangguan pendengaran akan meningkat. Saat volume semakin tinggi, maka resistensi sistem pendengaran untuk menahan gangguan tersebut semakin menurun.

Memang, earphone dapat menghasilkan tingkat suara yang sangat keras karena posisinya sangat dekat dengan telinga. Hal tersebut berbahaya bagi pendengaran kamu karena suara sangat keras dapat dengan cepat merusak telinga. Akhirnya, gendang telinga kamu dapat bermasalah hingga pecah.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan pendengaran yang disebabkan oleh earphone, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan pada telinga dengan pemesanan online melalui aplikasi tersebut!

Cara Earphone Sebabkan Gangguan Pendengaran

Earphone yang kamu gunakan akan menghasilkan gelombang suara untuk mencapai telinga yang menyebabkan gendang telinga bergetar. Getaran tersebut akan ditransmisikan ke telinga bagian dalam melalui beberapa tulang kecil untuk mencapai koklea. Bagian tersebut adalah ruang berisi cairan di telinga dengan ribuan rambut kecil.

Ketika getaran suara mencapai koklea, cairan yang berada di dalamnya bergetar dan menyebabkan rambut bergerak. Suara yang masuk ke telinga terbilang keras dapat menyebabkan getaran yang lebih kuat, sehingga menyebabkan rambut bergerak lebih banyak dari biasanya.

Saat seseorang mendengarkan suara yang terlalu keras terlalu lama, sel-sel rambut akan kehilangan kepekaannya terhadap getaran. Terpapar suara keras terlalu sering menyebabkan sel tersebut terlipat. Hal ini yang membuat seseorang mengalami kehilangan pendengaran sementara setelah terkena suara keras.

Ketika kamu mengalami hal tersebut, sel-sel rambut tersebut membutuhkan waktu untuk pulih dari getaran yang parah disebabkan oleh suara keras. Tidak menutup kemungkinan sel tersebut tidak pernah pulih, disebabkan kerusakan yang terlalu parah. Disebutkan juga bahwa belum ada obat untuk memperbaiki telinga bagian dalam yang rusak.


Maka dari itu, cobalah untuk selalu bijak dalam menggunakan earphone sehari-hari. Kamu harus terus menjaga sistem pendengaran untuk kelangsungan hidup. Selain menyebabkan rasa sakit, kamu juga dapat menghabiskan uang banyak jika telinga kamu mengalami gangguan yang parah.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post
Powered by Blogger.